Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 21 Juli 2011

Mengenal Posisi Dalam Sepak Bola ( SWEEPER )



Sweeper adalah satu posisi yang sudah hampir 'punah' dalam sepakbola modern, tetapi masih terus dipakai di tim-tim daerah Balkan dan Italia dimana pertahanan tiga atau lima bek masih sering terlihat. Disini dibahas peran seorang sweeper, apa yang harus dipertimbangkan jika sebuah tim ingin menerapkan sistem sweeper dalam taktik .

Sweeper (SW)
Sweeper cenderung terpecah ke dalam dua kategori. Yang pertama adalah bek yang bertahan di posisi terbawah dan bertugas menyapu bola. Yang kedua adalah tipe 'Libero' yang cenderung merangsek ke lini tengah di posisi  gelandang bertahan.  Sweeper adalah satu posisi yang sudah hampir 'punah' dalam sepakbola modern, tetapi masih terus dipakai di tim-tim daerah Balkan dan Italia dimana pertahanan tiga atau lima bek masih sering terlihat.

Sweeper: 
kata ini kembali dipakai untuk membedakannya dengan sweeper menyerang yang lebih cocok dengan nama Libero. Sweeper adalah stopper pertahanan. Biasanya sweeper menjadi bagian dari pertahanan lima bek dan ia berdiri di belakang Centre Back untuk 'membersihkan' semua bola yang lolos dari pertahanan timnya. Biasanya Sweeper adalah pemain yang jauh lebih sering bergerak dibandingkan Centre Back, ia harus bergerak terus untuk menutupi lubang pertahanannya. Tetapi Sweeper tidak harus mempunyai skill teknik yang baik karena tugas utamanya hanya mengawasi, mencium adanya bahaya dan mengusirnya.
Atribut Kunci:
  • Semua atribut Centre Back biasa tetapi tidak harus terlalu kuat dan tinggi
  • Anticipation
  • Positioning
  • Speed & Acceleration (diatas rata-rata Centre Back)
Contoh aktual:

        Philippe Mexes (AS Roma)
Contoh klasik:



Libero:

Libero adalah 'Ball Playing Sweeper' dalam artian ia adalah sweeper yang menyerang. Saat tim dalam modus bertahan, ia akan berdiri dibelakang Centre Back selayaknya Sweeper biasa. Namun saat ia menguasai bola, ia akan melihat dahulu posisi rekan-rekannya dan mencoba mengumpankan bola kepada rekan gelandangnya yang berada di depan. Oleh sebab itu seorang Libero membutuhkan skill teknik yang lebih baik daripada seorang sweeper normal, selain itu seiring dengan karakternya yang menyerang maka tim juga membutuhkan rekan Centre Back yang dapat menutupi celah yang ditinggalkannya saat ia mungkin masih terperangkap jauh di depan pertahanannya.
Atribut Kunci:
  • Semua atribut Centre Back biasa tetapi tidak harus terlalu kuat dan tinggi.
  • Speed & Acceleration
  • Technique
  • Anticipation
  • Passing
  • Positioning
Contoh aktual Libero sangatlah sulit ditemukan dan nyaris tidak ada lagi mengingat ini adalah posisi yang mulai ditinggalkan tim-tim sepakbola dewasa ini.
Contoh klasik:

   Franz Beckenbauer (Jerman Barat)
  






Related Posts



0 komentar:

About This Blog

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP