Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 21 Juli 2011

Mengenal Posisi Sepak Bola ( DEFENSE LEFT AND RIGHT )


Peranan bek sayap  tumbuh semakin penting di dalam taktik sepakbola modern. Walau masih cukup banyak yang memakai Full Back, tetapi pemakaian bek sayap berjenis Wing Back semakin banyak digunakan oleh tim-tim top Eropa. Tetapi tidak semua pemain bek  cocok disandangkan role Wing Back dan lebih penting lagi adalah demi kepentingan taktik dimana terkadang peranan full back masih terasa sangat dibutuhkan.


Defense Left / Right

Umumnya orang menyebutnya 'full back',  posisi DL dan DR dapat diberi dua macam peran. Yang pertama adalah peran yang lebih ortodoks dimana menggunakan bek kiri atau kanan sebagai pemain bertahan untuk menjaga pemain sayap lawan. Yang kedua adalah memberikan peran lebih ekspansif untuk mendukung serangan dengan menggunakan skill dribling dan crossing.

Full Back:
Pergerakan ke depan (Forward Run) dan dribling Full Back selalu dibatasi. Mereka cenderung untuk mengumpankan bola kembali kepada rekannya yang lebih kreatif di tengah atau di depan. Mereka mungkin maju sesekali untuk mensupport gelandang sayap saat tim sudah menekan lawan sampai dua pertiga lapangan, tetapi selebihnya mereka hanya akan tetap di belakang untuk menjaga serangan balik lawan dari sayap. Full Back mempunyai Strength dan Tackling yang lebih baik dari Wing Back, juga lebih cepat dan gesit dari Centre Back.
Dewasa ini dalam sepakbola modern, seiring dengan mulai tidak dipakainya gelandang sayap murni, peran Wing Back yang lebih menyerang otomatis lebih disukai. Tetapi ini tidak berarti bahwa posisi ini mulai ditinggalkan orang karena tetap penting untuk mempunyai pertahanan yang solid untuk menghadapi lawan yang mempunyai ancaman serangan sayap mematikan.
Atribut Kunci:
  • Strength
  • Tackling
  • Speed & Acceleration (rata-rata diatas Centre Back)
  •  
     Contoh aktual:   
Marco Motta

Gary Neville ( Manchester United )












                    
           Contoh klasik: 
  
Jim Beglin



Wing Back kini semakin bertambah penting dalam sepakbola modern - khususnya dengan mulai ditinggalkannya posisi sayap murni, maka tugas Wing Back-lah sekarang untuk memberikan pilihan serangan dari sayap. Pemain bek kiri/kanan dewasa ini biasanya terkenal mempunyai kecepatan dan crossingnya, mereka bahkan tak akan canggung untuk dimainkan di posisi gelandang kiri/kanan sekalipun.       Tetapi bagaimanapun Wing Back adalah tetap bagian dari pertahanan, mereka harus mempunyai insting           bertahan yang baik dan kedisiplinan untuk kembali ke posisi awalnya. Karena itu pula maka Wing Back         harus mempunyai stamina dan fitness yang prima, kecepatan, visi, passing dan crossing yang baik.
Atribut Kunci:
  • Stamina
  • Speed & Acceleration
  • Crossing
  • Passing (secukupnya)
  • Creativity (secukupnya)

Contoh aktual:


      Glen Johnson (Liverpool)                   Patrice Evra (Man Utd)

Contoh klasik
:

                 Cafu (Brazil)              

Related Posts



0 komentar:

About This Blog

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP